Senin, 02 Juli 2012

Del Bosque: Ini Generasi Emas Sepak Bola Spanyol


Kapten tim Spanyol Iker Casillas mengangkat piala setelah megalahkan Italia pada pertandingan Final Euro 2012 di Stadion Olimpiade kiev, Ukraina (2/7). REUTERS/Kai Pfaffenbach

             TEMPO.COKiev - Spanyol menorehkan tinta emas dalam sejarah sepak bola dunia setelah menjuarai  tiga turnamen internasional secara beruntun. La Furia Roja berhasil menyabet trofi juara Euro 2008, Piala Dunia 2010, dan yang teranyar Euro 2012.

           Menurut Vicente del Bosque, semua pencapaian gemilang Spanyol itu berkat kualitas tinggi yang dimiliki para pemain. Pelatih Spanyol ini menyatakan, Iker Casillas dan kawan-kawan merupakan generasi emas yang pernah dimiliki sepanjang sejarah sepak bola Negeri Matador.

             "Ini adalah generasi pemain yang luar biasa," tutur mantan juru taktik Real Madrid ini, setelah mengantarkan Spanyol mengalahkan Italia di partai final Euro 2012, Ahad, 1 Juni 2012 waktu setempat.   "Mereka memiliki akar dan pemahaman cara bermain. Jadi ini adalah era yang bagus buat sepak bola Spanyol."

               Namun Del Bosque meminta anak asuhnya untuk tidak terlalu larut dalam euforia. Sebab, kata Del Bosqeu, Spanyol masih masih memiliki beragam tantangan yang harus dilewati. Yakni kualifikasi Piala Dunia 2014 dan Piala Konfederasi.

              "Masih ada beberapa tantangan di depan seperti kualifikasi Piala Dunia 2014, kemudian Piala Konfederasi," tutur pria bernama lengkap Vicente del Bosque Goanzalez ini. "Di Piala Konfederasi kami salah satu wakil dari Eropa. Jadi kami ingin melakukannya dengan baik."


sumber: tempo

0 komentar:

Posting Komentar