Kamis, 05 Juli 2012

Borobudur Tetap Memesona

Ghiboo.com - Candi Borobudur, masih menjadi tempat liburan terpopuler untuk dikunjungi selama masa liburan ini,

"Sampai kuartal pertama tahun 2012 ini, ada peningkatan sekitar 16%. Dan trend peningkatan ini akan terus berlangsung hingga musim liburan sekolah dan liburan hari raya Idul Fitri pada Juli-Agustus mendatang," ujar Direktur PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur Prambanan Ratu Boko (Persero) Purnomo Siswoprasetjo di Jakarta, Rabu (4/07).

Ditambahkan Purnomo bahwa dalam tiga tahun terakhir ini kunjungan wisatawan ke Candi Borobudur terus meningkat, dimana 2011 lalu sebanyak 250.000 wisatawan berkunjung ke area Candi yang masuk dalam Situs Warisan Dunia WHO, atau meningkat 15%  dibandingkan 2010.

Selama dua pekan ini hingga 30 Juni lalu, kunjungan wisatawan domestik mengalami peningkatan signifikan, dengan total pengunjung mencapai 150.000 orang atau naik 10% dari yang ditargetkan, katanya lagi.

Dan selama Juni 2012 ini, rata-rata pengunjung yang datang ke Borobudur didominasi Wisatawan Nussantara (Wisnu) jenis umum, pelajar atau anak-anak usia sekolah yang mencapai 332.747 orang. 

Sedangkan untuk kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sebanyak 14.203 orang.

Kunjungan wisman ke Candi Borobudur Magelang mencakup negara Belanda, Jepang, Malaysia, Perancis dan Rusia. Negara Belanda dan Jepang merupakan negara yang sudah selama kurun waktu tiga tahun terakhir bertahan dirangking pertama dan kedua sebagai wisman terbanyak.


sumber: ghiboo

0 komentar:

Posting Komentar