Sabtu, 14 Juli 2012

Rumah Mode Valentino Dijual ke Keluarga Kerajaan Qatar



img
Jakarta - Brand eksklusif asal Italia, Valentino kini punya pemilik baru. Rumah mode yang didirikan oleh desainer Valentino itu baru saja dijual ke sebuah perusahaan yang dimiliki oleh keluarga kerajaan Qatar.

Dikutip dari Wall Street Journal, Valentino dijual ke sebuah grup investasi asal Qatar bernama Mayhoola. Perusahaan tersebut membeli kepemilikan penuh atas Valentino Fashion Group SpA dari perusahaan Permira dan produsen tekstil Italia, Marzotto. Dua perusahaan yang disebutkan terakhir merupakan pemilik Valentino sebelumnya. 

Sampai saat ini pihak Valentino belum membocorkan siapa nama investor sesungguhnya di balik Mayhoola. Namun media di Inggris sudah ramai memberitakan kalau keluarga kerajaan Qatar lah yang ada di balik Mayhoola. Mayhoola dikabarkan membeli Valentino dengan harga US$ 731 juta atau sekitar Rp 6,9 triliun.

Chief Executive Valentino Stefano Sassi mengatakan pada AFP sangat bahagia dengan penjualan rumah mode tersebut. "Selama beberapa tahun terakhir, perusahaan sudah beroperasi dengan kekuatan yang besar dan fokus memaksimalkan potensi dari brand Valentino," ujarnya. "Usaha ini seharusnya meningkatkan pendapatan hingga 60% dari 2009 hingga 2012. Pemilik baru akan membantu kami mencapai potensi kami seutuhnya," jelas Sassi lagi.

Penjualan Valentino ini menambah daftar kepemilikan investor asing pada brand mewah asal Italia. Sebelumnya pada 2010 brand pakaian pria Italia, Cerutti, dijual pada retailer Trinity Ltd dengan harga US$ 70 juta. Pada 2011, sebuah retailer Dubai, Paris Group membeli rumah mode Gianfranco Ferre.

Valentino sendiri merupakan sebuah brand yang didirikan oleh desainer Valentino Garavani pada 1960. Nama Valentino dikenal secara internasional ketika gaun pengantin rancangannya dipakai oleh Jacqueline Onassis, istri dari Presiden Amerika Serikat John F. Kennedy. Trademark dari brand ini adalah busana couture berwarna merah terang dan dress chiffon. Cukup banyak putri kerajaan dan selebriti Hollywood yang menyukai rancangan Valentino di antaranya, Jennifer Aniston, Keira Knightley dan Cameron Diaz.

Desainer 80 tahun itu kini sudah pensiun. Dia memutuskan pensiun pada Januari 2008, setelah menggelar fashion show haute couture terakhirnya di Paris. 


sumber: wolipop

0 komentar:

Posting Komentar