Senin, 30 Juli 2012

Saat Merasa Gagal Fokuslah pada Tujuan

Kalau gagal jangan biarkan terintimidasi dengan kelemahan diri, tapi fokuslah pada kekuatan dan kembali pada tujuan.

KOMPAS.com - Saat Anda kehilangan rasa percaya diri karena gagal melakukan sesuatu, biasanya Anda sedang membandingkan kelebihan orang lain dengan kelemahan diri sendiri. Ketika Anda mulai membandingkan diri sendiri dengan orang lain, maka Anda mulai kehilangan ukuran yang sebenarnya. Kalau sudah begini, Anda pun tak lagi fokus pada tujuan, tapi hanya fokus pada kelemahan diri.

Jika ini yang terjadi, segera sadarkan diri Anda, untuk menerima diri apa adanya. Yakini bahwa semua orang memiliki kekuatan dan kekurangan. Saat Anda merasa kurang, adalah kesempatan bagi orang lain untuk mengisi kekurangan tersebut. Itulah sebabnya kita butuh saling membantu, membuat orang lain dan diri kita sendiri bertumbuh, menjadi pribadi yang lebih baik. Bukan justru mengeluhkan kekurangan atau fokus hanya pada kelemahan diri, dan mengalihkan perhatian dari kekuatan dalam diri.

"Kita tidak akan bisa menunjukkan hal baik dari dalam diri kalau kita sendiri tidak bisa melihat kekuatan itu di dalam diri kita. Fokuslah pada tujuan ketika Anda mulai merasa tak percaya diri, merasa lemah, merasa gagal. Fokus pada tujuan besar Anda, dan segala hambatan yang muncul merupakan sesuatu hal yang lebih kecil daripada tujuan. Buat diri Anda besar, bilang pada diri sendiri bahwa Anda penting, akui bahwa Anda gagal tapi Anda bisa menunjukkan yang terbaik dari diri Anda, hanya dengan fokus pada tujuan fokus pada kelebihan diri sendiri, dan tidak membandingkan kelemahan diri dengan kelebihan orang lain," jelas motivator Cicik Resti dalam seminar motivasi untuk perempuan di Bandung, beberapa waktu lalu.

Cicik mengatakan setiap orang punya hubungan yang tak sama dengan hambatan dan kegagalan. Setiap individu akan selalu berhadapan dengan hambatan dan kegagalan, namun sudut pandang setiap orang berbeda. 

Cara Anda melihat kegagalan berbeda dengan orang lain melihatnya. Karenanya, jangan mudah terpengaruh dengan anggapan orang lain, karena Anda tak bisa menyenangkan setiap orang. Ketika merasa gagal melakukan sesuatu, fokus kembali pada tujuan Anda. Fokus pada apa yang paling Anda inginkan. Dengan begitu, setiap hambatan atau kegagalan yang muncul takkan pernah berhasil menghentikan Anda. 

"Saat sibuk memerhatikan diri sendiri, kelemahan diri, orang lupa pada tujuannya. Pendapat orang pasti akan berbeda. Tanya pada diri sendiri, apa tujuan Anda. Karena kalau tujuannya untuk menyenangkan semua orang, itu akan sulit terpenuhi. Fokuslah pada orang-orang yang memberikan dukungan kepada Anda. Agar Anda kembali fokus pada kekuatan diri dan tujuan," jelas Cicik.

Setelah itu, bertindaklah, tentukan pilihan. Yakini, bahwa di setiap pilihan ada yang menyenangkan namun ada juga yang tidak. "Dan, semua pilihan itu benar," sambung Cicik.

Cicik mengatakan, rahasia tidak gagal adalah jangan melakukan apa-apa, berdiam diri saja, maka Anda takkan menemukan kegagalan. Namun tentu bukan ini yang Anda inginkan. Setiap kali Anda melakukan tindakan, selalu akan ada hambatan dan kemungkinan gagal, bukan? Semakin besar tujuan Anda, semakin besar kegagalan yang akan dihadapi. 

Namun, tak perlu khawatir, karena Anda fokus pada kekuatan diri, kegagalan sebesar apapun akan teratasi. Anda pun akan mampu melewati setiap kegagalan, dan akan merasa bangga karenanya, lantaran memandang lebih positif terhadap diri sendiri. Bahkan ketika terjatuh pun Anda merasa bangga, karena Anda telah memberikan kesempatan kepada diri dan orang lain untuk menunjukkan kekuatan dalam diri Anda.

Jadi, kapan pun Anda mengalami kegagalan, jangan biarkan Anda terintimidasi dengan kelemahan diri, tapi fokuslah pada kekuatan dan kembali pada tujuan Anda.


sumber: kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar