Selasa, 05 Juni 2012

Romantisme Panorama Pink Beach Pulau Komodo, NTT


UNTUK melihat pantai indah berwarna pink,tak perlu sampai pergi jauh ke luar negeri, seperti ke Bahama, karena Indonesia juga punya pantai yang pasirnya berwarna pinkdan lokasi tersebut letaknya berada di kawasan Pulau Komodo, provinsi Nusa Tenggara Timur, oleh penduduk setempat dinamakan Pantai Merah. Namun para wisatawan mancanegara yang sering berkunjung ke pantai ini menyebutnya sebagai Pink Beach.
Di sepanjang daerah pantai ini tidak ada bangunan apa-apa dan tidak dihuni penduduk alias pantainya kosong, hal ini tentu saja sangat disukai oleh para wisatawan yang lebih menyukai pantai yang tenang dan indah.
Para wisatawan asing yang berkunjung ke sini sering  membayangkan dirinya sambil berfoto di pantai dengan latar belakang air laut yang bergradasi biru, ditambah panorama perbukitan hijau, langit biru cerah dengan gumpalan awan putih, dan ditemani hamparan pasir yang benar-benar berwarna pink, sangat indah dan bernuansa romantis.
Konon di dunia hanya terdapat 7 pantai yang memiliki hamparan pasir berwarna pink, salah satunya yang ada di Pulau Komodo.
Menurut asalnya, pasir pink ini terbentuk dari pecahan karang berwarna merah, namun kabar lain mengatakan sebenarnya warna pink ini dihasilkan karena adanya hewan mikroskopik semacam amuba bernama Foraminifera yang memproduksi warna merah atau pink terang pada karang, tak heran apabila kita mengambil sejumput pasirnya, maka terlihat pasir berwarna merah di antara pasir putih.
Uniknya dari pantai ini, jika ombak menyapu pasir dan menariknya kembali, maka warna pasir tersebut berubah menjadi pink tua, sangat indah. Butiran pasirnya halus dan lembut, terasa empuk saat berjalan atau berjemur di atasnya.
Kegiatan di sana selain berfoto, bisa berjemur, berenang, atau sekedar duduk menikmati pemandangannya. Selain tidak terlalu ramai dan komersil, aktifitas berenang pun sangat menyenangkan dan menyegarkan mata, karena banyak hard corals dan soft corals yang berwarna-warni dan masih sehat, ditambah lagi banyaknya ikan-ikan hias, seperti clown fish (ikan Nemo),butterfly fish, bat fish dan masih banyak lagi.
Cara mencapai Pink Beach, cukup mudah, dari Bali kita terbang ke Labuan Bajo, lalu menyewaspeedboat atau kapal nelayan dari Labuan Bajo menuju Pulau Komodo. Sebelum sampai ke Pink Beach, biasanya para turis mampir dahulu Taman Nasional Komodo di Loh Liang untuk melihat langsung kehidupan komodo liar.
Bagi penggemar scuba diving, alam bawah laut di Pink Beach luar biasa bagus,  Anda dapat mengikuti dive trip melalui Dive Operator yang ada di Labuan Bajo.
Sebagai catatan, karena di pantai ini tidak ada warung atau restoran, Anda disarankan membawa perbekalan sendiri secukupnya dan jangan lupa untuk mendukung Pulau Komodo sebagai salah satu dari 7 Keajaiban Dunia. Selamat Berlibur !

0 komentar:

Poskan Komentar