Selasa, 17 Juli 2012

Berkenalan dengan Para Penulis Wikipedia


Pendiri Wikipedia, Jimmy Wales, mengatakan kadang ia masih mengedit beberapa artikel sehari.
Memasuki usia ke-11, Wikipedia kini menjadi salah satu situs terpopuler di internet dan merevolusi cara manusia di seluruh dunia mengakses informasi.

Sistem situs itu menyimpan 22 juta artikel dalam 282 bahasa. Situs dalam bahasa Inggris memiliki empat juta artikel hingga hanya sekitar 150 artikel untuk situs dalam bahasa Fiji, Chammoro, Akan, dan Xhosa.

Halaman-halaman itu ditulis dan diperbarui oleh 85.000 sukarelawan di seluruh dunia dan minggu ini ratusan kontributor serta editor Wikipedia yang paling aktif berkumpul di Washington DC untuk konferensi Wikimania.

Jadi, siapa saja orang-orang yang menjaga situs tetap berjalan, memastikan pengguna internet di seluruh dunia memiliki alat untuk menyelesaikan taruhan di bar, riset skripsi, atau menghabiskan waktu saat bosan di kantor?

Osmar Valdebenito (24)

120716081121_osmar_wikipedia_bbc_nocredit_224x280_bbc_nocredit

Asal: Santiago, Cile
Pekerjaan: Insinyur
Wikipedia: Spanyol
Jumlah edit: 37.000
Edit pertama: Artikel tentang Piala Dunia 1962 di Cile

"Saya ingat saat sedang mencari informasi. Saya menemukan beberapa kesalahan, "Bukan, itu bukan skor yang benar." Saya mengubahnya dan kemudian saya melihat ada kesalahan lain. Lalu saya memulai untuk olimpiade."

Topik favorit: Olahraga, terutama sepak bola. "Saya mengetahui sesuatu tentang topik itu. Saya tidak bisa bermain sepak bola. Saya benar-benar pemain yang buruk. Mungkin itu adalah cara mengekspresikan hal-hal yang tidak bisa saya lakukan dalam kehidupan normal.

Proyek terbaru: Presiden dari Yayasan Wikimedia cabang Cile, dengan Perpustakaan Kongres Cile, mengunduh catatan-catatan kongres dari empat dekade pertama Republik Cile.

Kamarniso Ismailov (22)

120716085237_bbc_no_credit_karmaniso_wikipedia_224x280_bbc_nocredit

Asal: Tashkent, Uzbekistan
Pekerjaan: Mahasiswa
Wikipedia: Uzbekistan dengan sumber dari Wikipedia berbahasa Inggris dan Rusia
Jumlah edit: Sekitar 5.000
Edit pertama: Christiano Ronaldo (versi Uzbekistan).

"Setelah itu saya membuat artikel tentang Linkin Park. Lalu hal-hal yang berkaitan dengan sains, pengetahuan umum yang berguna. Kimia, geologi, semuanya.

Mengenai Wikipedia Uzbek: "Ini adalah unit Wikipedia yang sangat kecil, hanya 20.000 artikel saja dan membutuhkan lebih banyak editor. Populasi Uzbekistan cukup besar, yaitu sekitar 31 juta, tetapi Wikipedia sangat sedikit. Orang hanya membuka Wikipedia dan tidak tahu bagaimana cara mengeditnya. Mereka ketakutan dengan berbagai macam template."

Richard Farmbrough (50)

120716091321_bbc_no_credit_richard_farmbrough_wikipedia_224x280_bbc_nocredit

Asal: Stamford, Inggris
Pekerjaan: Manajemen proyek
Jumlah edit: 987.703
Edit pertama: Modafinil. "Anda tidak bisa tidur. Wikipedia didesain untuk bekerja melawan narkolepsi. Militer Amerika menggunakannya untuk pilot-pilot tempur agar mereka tidak tertidur."

Kebiasaan edit: "Jika saya menemukan ada kesalahan yang sama atau kesalahan yang dibuat orang, saya dapat mencari seluruh Wikipedia dan menemukan semua kesalahan yang ada. Contoh yang baik adalah kepala berita di bagian tentang ilmu bela diri. Banyak orang menggunakan huruf besar untuk menulisnya dan itu salah. Saya tidak tertarik dengan ilmu bela diri, tetapi kalau melihat kesalahan itu, saya langsung mengedit semuanya.

Proyek terkini: memasukkan ke Wikipedia satu edisi Kamus Biografi Nasional yang sudah memasuki domain publik.

Mengerjakan Wikipedia sepanjang malam? "Sudah pernah terjadi."

Bence Damokos (24)

120716093900_wikipedia_bbc_no_credit_bence_224x280_bbc_nocredit

Asal: Budapest, Hongaria
Pekerjaan: Mahasiswa
Wikipedia: Hongaria, Inggris
Jumlah edit: "Beberapa ribu", termasuk 120 terjemahan lengkap dari bahasa Inggris.

Edit pertama: "Artikel tentang budaya pop Amerika, seperti serial TV Amerika. Prison Break dan lainnya. Saya merasa saya bisa memberikan sesuatu bagi warga Hongaria."

Artikel favorit: Mill Ends Park di Oregon. "Saya suka topik-topik aneh, fakta-fakta acak, dan legenda urban."

Jo Stallworth (54)

120716093956_bbc_nocredit_jostalworth_wikipedia_224x280_bbc_nocredit

Asal: Washington DC, AS
Pekerjaan: Petugas perpustakaan

Edit pertama: Rumah pensiun Angkatan Bersenjata di Washington. "Artikel itu membingungkan dan tidak akurat." Mengedit artikel itu "memberi saya kepercayaan diri bahwa mengoreksi kesalahan dapat dilakukan dan bahwa Wikipedia bukan cuma sekelompok orang konyol yang menulis hal yang dibuat-buat."

Wikipedia vs perpustakaan? "Beberapa petugas perpustakaan yang berusia lebih tua masih menaikkan alis mereka jika mendengar kata Wikipedia."

Justin Knapp (30)

120716094055_justin_knapp_wikipedia_bbc_nocredit_224x280_bbc_nocredit

Asal: Indianapolis, AS
Pekerjaan: Petugas pengantar pizza
Jumlah edit: 1,1 juta

Edit pertama: Sahara Barat: "Ketika saya di SMA saya harus mengerjakan tulisan tentang India. Saya melihat CIA World Factbook menulis tentang apa yang disebut Sahara Barat. Saya mencari informasi lebih lanjut, tetapi tak bisa menemukan apa pun."

Allison Kupietzky

120716094142_wikipedia_alison_kuzpietsky_224x280_bbc_nocredit

Asal: Yerusalem, Israel
Pekerjaan: Manajer pengumpulan data, Museum Israel
Topik favorit: Seni Israel

Frustrasi jika: "Saya tidak suka dihapus. Satu pagi seluruh proyek saya [membuat katalog koleksi seni Museum Israel di Wikipedia] hilang. Beberapa anak magang yang bekerja dengan saya di proyek itu menangis.

Motivasi: "Meningkatkan liputan Wikipedia terhadap Museum Israel "Memberikan orang kesempatan untuk berbicara mengenai hal-hal yang tidak terkait dengan perbedaan politik di sini."

Lane Rasberry (32)


120716094518_wikipedia_lane_raspberry_224x280_bbc_nocredit
Asal: Seattle, Amerika Serikat

Pekerjaan: Kontributor Wikipedia dan aktivis sebuah organisasi hak konsumen

Kebiasaan edit: Mengedit delapan jam seminggu. "Saya tidak lagi menonton televisi, saya tidak lagi menonton film. Saya memberikan segalanya kecuali bersosialisasi dengan teman-teman saya, berolahraga, dan membaca buku."

Topik favorit: Sains populer

James Heilman (32)

_61569264_jamesheilman-224x299

Asal: British Columbia, Kanada
Pekerjaan: Dokter di instalasi gawat darurat
Jumlah edit: 65.000

Topik favorit: Kesehatan dan kedokteran. "Wikipedia memiliki 34.000 artikel kedokteran yang dilihat sebanyak 200 juta dalam sebulan. Ini adalah salah satu sumber kedokteran yang paling banyak digunakan di dunia." 
Sumber :

0 komentar:

Posting Komentar