Senin, 30 Juli 2012

Yuna, Wajah Hijab Asia Modern dan ‘Go International’

Yuna Zarai, penyanyi sekaligus penulis lagu asal Malaysia kini mulai disegani di kalangan musik internasional. Ketika banyak musisi di Indonesia masih menjadikan “go international” sebatas visi, bagi Yuna “go international” kini adalah mimpi yang sedang dihidupi.

Dirangkum dari situs resmi yunamusic.com, karier Yuna melonjak seiring meledaknya single “Deeper Conversation” yang dirilis di Malaysia. Tak hanya itu, lewat single “Deeper Conversation”, Yuna juga memenangi AIM 2009, sebuah anugerah musik Malaysia. Di tahun itu juga, Yuna menyabet Best Pop Song dan Song of the Year untuk lagu, “Dan Sebenarnya”.

Setelah merilis album “Decorate” di Malaysia, lonjakan karir Yuna yang sebenarnya tiba. FADER, sebuah label asal Amerika tertarik untuk menggaet talentanya. Tahun 2011 FADER merilis EP “Decorate” Yuna untuk pasar Amerika. EP tersebut kemudian sukses mendatangkan fans-fans baru dan juga kritik positif dari media kenamaan seperti Billboard, KEXP, dan The New York Post.

Masih di tahun 2011, majalah musik kenamaan, SPIN memasukkan Yuna ke dalam daftar “Eight Bands You Need to Hear Now” versi mereka. Di tahun itu pula, Yuna menjadi salah satu finalis dari “Best New Band in the World” versi MTV Iggy’s.

Bulan April 2012, Yuna merilis album lewat label musik FADER untuk pasar internasional. Album tersebut diproduseri oleh salah satu produser kenamaan di musik Internasional, Pharrel Williams (rapper, personil NERD dan The Neptunes, juga produser dari Beyonce, Britney Spears, Jenniver Lopez, Usher dan beberapa musisi besar lainnya). Dengan tangan dingin Pharrel Williams, album Yuna — yang berjudul sama dengan namanya — kembali mendapat ulasan positif.

Album Yuna inilah yang kemudian membawanya bermain di acara-acara musik bergengsi seperti National Geographic TV, VH1, MTV Style, dan Late Night with Conan.  Belakangan, Yuna disibukkan dengan tur Amerika dan Eropa. Namanya juga tercantum dalam daftar penampil Lollapalooza 2012, salah satu festival musik terbesar di dunia. Yuna berdampingan dengan nama besar seperti Red Hot Chilli Peppers, Black Sabbath, Bloc Party, Sigur Ros dan segudang musisi besar dunia lainnya.

Sebuah prestasi yang sangat menawan bagi seorang perempuan Asia muda seperti Yuna. Uniknya, Pharrel Williams di sebuah video menyatakan alasan ketertarikannya untuk menangani Yuna, selain karena kualitas musikal yang keren, adalah karena terpesona dengan hijab Yuna. Wah!






sumber: yahoo.co.id

0 komentar:

Posting Komentar