Senin, 01 Oktober 2012

Buku Gastronomi Indonesia Diluncurkan di Madrid


Madrid Buku gastronomi Indonesia berbahasa Spanyol, La Exotica Cocina de Indonesia (Masakan Eksotis Indonesia, red), diluncurkan oleh Duta Besar RI untuk Kerajaan Spanyol Adiyatwidi Adiwoso Asmady dalam resepsi diplomatik peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-67 di Hotel Intercontinental Madrid. 

Sekitar 300 tamu undangan, terdiri dari para Duta Besar negara-negara sahabat, kalangan diplomatik asing, kerabat Kerajaan Spanyol Sr. D. Joseph Clonard-Borbon, pejabat pemerintah setempat dan berbagai mitra KBRI Madrid menjadi saksi peluncuran buku yang memuat 40 resep masakan Indonesia itu.

“Isinya mengenai resep-resep masakan lezat Indonesia terpilih, mulai dari camilan, makanan pembuka, makanan utama hingga makanan penutup, yang bahannya tersedia di bumi Spanyol,” ujar Dubes kepada detikcom baru-baru ini. 

Dalam sambutannya Dubes menyampaikan bahwa peluncuran buku La Exotica Cocina de Indonesia tersebut diyakini sebagai salah satu cara untuk lebih mendekatkan lidah masyarakat Spanyol terhadap citarasa Indonesia. 

Menurut Dubes, hubungan antar masyarakat kedua negara dalam beberapa tahun belakangan ini telah berkembang pesat.

"Ditandai dengan semakin tinggi tingkat investasi Spanyol ke Indonesia, banyak perusahaan Spanyol membuka kantor di Indonesia, serta pariwisata dan budaya Indonesia semakin dikenal di Spanyol," jelas Dubes dalam acara yang berlangsung pada 26/9/2012 waktu setempat. 

Pada tahun 2012 ini saja telah diresmikan 2 asosiasi Indonesia-Spanyol, yaitu “Nusantara” yang titik berat kegiatannya pada budaya, dan “Spaindo” yang mempunyai titik berat pada kerjasama ekonomi dua negara. Kedua asosiasi tersebut diprakarsai oleh masyarakat Spanyol yang mencintai Indonesia dan melihat peluang besar dalam kerjasama kedua negara. 

Disebutkan bahwa pengenalan masyarakat Spanyol terhadap Indonesia itu tidak terlepas dari gencarnya upaya KBRI Madrid dalam mempromosikan Indonesia melalui berbagai kesempatan. 

Untuk mempromosikan peluang bisnis di Indonesia telah dilakukan promosi investasi di berbagai kota di Spanyol, demikian juga promosi kemajuan Indonesia dilakukan melalui Festival Indonesia di kota Madrid dan Barcelona pada tahun ini, dengan mempersembahkan pergelaran tarian, busana, gastronomi, pameran fotografi, dll. 

Bekerjasama dengan Intercontinental Hotel dan Melia Hotel International, KBRI Madrid sejak 2010 telah menyelenggarakan semana gastronomia (pekan gastronomi) sebanyak 4 kali di Madrid dan Sevilla. Para chef terpilih secara khusus didatangkan dari Indonesia untuk menyajikan citarasa Indonesia dalam menu hotel berbintang itu selama sepekan. 

Buku resep yang disusun oleh KBRI Madrid tersebut merupakan bagian rangkaian promosi gastronomi Indonesia di Spanyol yang telah digelar sejak dua tahun lalu. 

Menutup meriahnya resepsi diplomatik, seusai menikmati sajian masakan Indonesia dan tarian Gandrung dan Srikandi, para tamu undangan membawa pulang bingkisan masing-masing berisi satu buku La Exotica Cocina de Indonesia, piring kayu bermotif batik, dan satu bungkus bumbu nasi goreng.


sumber: detik.com

0 komentar:

Posting Komentar